Ingin mengundurkan diri dari pekerjaan? Ketahui terlebih dahulu bagaimana prosedur pembuatan surat permohonan pengunduran diri. Sebab, surat pengunduran merupakan salah satu surat resmi yang harus dibuat dengan aturan tertentu.

Surat pengunduran diri memang perlu dibuat sebelum seseorang memutuskan untuk resign. Jangan asal buat agar pengajuan resign segera diproses tanpa perlu menunggu waktu lama. Selain itu, melakukan pengunduran diri dengan baik sama saja dengan menjaga reputasi baik Anda selama ini.

Hal-hal yang Diperhatikan Sebelum Mengundurkan Diri

Surat Permohonan Pengunduran Diri
Surat Permohonan Pengunduran Diri (Source : content.mycareersfuture.gov.sg)

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang keluar dari perusahaan, salah satunya karena merasa job desknya tidak sesuai passion.

Karena seseorang sulit untuk betah bekerja jika tanggung jawabnya tidak sesuai dengan passion. Kalau dipaksakan, hasilnya juga tidak maksimal.

Surat pernyataan mengundurkan diri harus dibuat dengan memuat beberapa hal penting. Ingin tahu apa saja itu? Simak di bawah ini:

1. Sebutkan Rencana Pengunduran Diri

Sebutkan rencana pengunduran diri pada atasan. Dengan begitu, pihak perusahaan bisa mempertimbangkan langkah selanjutnya. Jangan terlalu mendadak, takutnya ketika jabatan yang Anda duduki kosong, akan membuat pekerjaan tertunda.

2. Baca Ulang Kontrak Kerja

Sebelum mengajukan surat pengunduran diri Anda, pastikan untuk membaca kembali membaca ulang kontrak kerja yang sebelumnya telah ditandatangani. Lihat apakah kontrak masih berlangsung atau sudah habis.

Jika kontrak kerja masih ada dan ingin mengajukan surat resign, cari tahu apakah Anda harus membayar denda akibat mengundurkan diri atau tidak.

3. Sebutkan Alasan dan Tujuan Pengunduran yang Jelas

Anda mengajukan pengunduran diri tentu karena alasan tertentu. Oleh karena itu, Anda perlu menyebutkan alasan dan tujuan mengapa Anda mengundurkan diri. Sebutkan dengan jelas dan tidak berbelit-belit.

4. Menulis Surat Pengunduran Diri dengan Format yang Berlaku

Setiap perusahaan tentu memiliki aturan pengunduran diri. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat surat pengunduran diri sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan tersebut.

5. Pertimbangkan Penawaran Perusahaan

Jika Anda termasuk karyawan yang memiliki skil dan kinerja yang baik selama ini, pasti pihak perusahaan akan merasa berat ketika Anda mengajukan surat pengunduran diri. Oleh karena itu, terkadang perusahaan memberikan penawaran tertentu kepada Anda.

Sebaiknya Anda mempertimbangkan penawaran tersebut. Kalau penawaran yang diberikan sudah mencukupi apa yang Anda inginkan dan tidak bertentangan dengan alasan pengunduran diri Anda, sebaiknya pertimbangkan sebaik mungkin penawaran itu.

6. Tingkatkan Kinerja Ketika Sudah Bertekad Keluar

Jika Anda sudah bertekad untuk keluar atau mengundurkan diri dari perusahaan, sebaiknya Anda semakin meningkatkan kinerja Anda selama beberapa hari terakhir sebelum keluar dari perusahaan.

Hal ini penting, agar Anda meninggalkan kesan yang baik terhadap perusahaan. Selain itu, perusahaan tidak akan berat untuk memberikan surat pengalaman kerja untuk Anda karena perusahaan merasa Anda layak mendapatkannya.

Pentingnya Membuat Surat Pengunduran Diri


Membuat Surat Permohonan Pengunduran Diri Sangat Penting
Membuat Surat Permohonan Pengunduran Diri Sangat Penting (Source : jobstreet.com.my)

Perusahaan-perusahaan besar umumnya memberikan aturan bahwa karyawan yang mengundurkan diri harus membuat surat pengunduran diri dari jabatan. Pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa tidak langsung keluar saja dan apa pentingnya surat pengunduran diri itu sendiri.

Agar tidak sampai menganggap enteng surat permohonan pengunduran diri, sebaiknya pahami beberapa hal berikut:

  • Fungsi utamanya adalah untuk memberi waktu pada perusahaan dalam mencari pengganti dengan kriteria sesuai yang dibutuhkan, terutama jika posisi Anda membutuhkan keahlian tertentu yang sulit dicari.
  • Memberikan informasi yang jelas mengenai status pekerjaan. Aturan penulisan surat permohonan surat pengunduran diri harus ada keterangan surat tersebut, biasanya pekerjaan yang menjadi tanggung jawab karyawan yang mengundurkan diri.
  • Saat mulai bekerja, Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak dan surat persetujuan lainnya. Untuk menunjukkan profesionalisme, maka perlu membuat surat pengunduran diri ketika ingin keluar dari perusahaan.

Format Surat Pengunduran Diri

Format Surat Pengunduran Diri
Format Surat Pengunduran Diri (Source : naukri.com)

Sebagai surat resmi ada format tersendiri dari surat pengunduran diri. Patuhi syarat dan ketentuannya, apalagi jika bekerja di perusahaan dengan aturan ketat. Berikut format suratnya:

  • Nama kota dan tanggal.
  • Nama perusahaan dan alamat perusahaan.
  • Salam pembuka.
  • Alasan mengapa Anda ingin mengundurkan diri.
  • Mencantumkan tanggal kapan Anda akan mengundurkan diri.
  • Mengucapkan permohonan maaf dan terimakasih.
  • Salam penutup dan tanda tangan.

Seluruhnya harus ada di dalam surat pengunduran diri. Tulis secara lengkap dengan kata-kata baku dan sopan. Tidak perlu terlalu panjang, tulis alasan dan poin lainnya secara padat dan mudah dimengerti.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Benar (Source : Getty Images/iStockphoto/Casper1774Studio)

Meski Anda memutuskan keluar perusahaan karena tidak suka dengan sistem kerja di kantor atau alasan menjengkelkan lainnya, tetap saja Anda harus membuat surat pengunduran diri yang baik.

Agar tidak kebingungan membuatnya, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa contoh surat permohonan pengunduran diri yang bisa jadi referensi bagi Anda :

Contoh Pertama

Tulungagung, 12 Juni 2023   Yth. Pimpinan PT Aman Damai Di Tempat ‍ Dengan Hormat, Saya adalah Sintya Larasati, salah satu karyawan di PT Aman Damai. Jabatan di perusahaan ini sebagai ahli IT. Melalui surat ini, saya ingin menginformasikan bahwa akan mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Alasan berhenti dari pekerjaan ini karena ingin melanjutkan studi S2 di Amerika Serikat. Adapun tanggal 30 Juli 2023 merupakan hari terakhir saya bekerja di sini. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan selama 3 tahun ini menjabat sebagai ahli IT. Mohon maaf jika saya pernah menunjukkan performa kerja yang kurang maksimal. Demikian, surat ini disampaikan tanpa ada paksaan dari siapa saja. Terima kasih atas perhatian dan waktunya.   Hormat saya,   Sintya Larasati  

Contoh Kedua

Surabaya, 20 Agustus 2022   Yth. Pimpinan PT Bunga Desa Di tempat   Dengan Hormat, Saya adalah Anisa Nur Safitri, salah satu karyawan tetap yang bekerja di PT Bunga Desa. Saat ini masih menjabat sebagai seorang sekretaris direktur utama. Ingin menyampaikan pengunduran diri dari perusahaan ini karena akan membantu mengembangkan bisnis keluarga. Adapun kontrak kerja akan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2022. Terima kasih atas kesempatannya sehingga saya bisa nyaman bekerja di sini. Saya juga meminta maaf kepada seluruh staf jika pernah melakukan kesalahan. Semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin sukses. Demikian yang dapat disampaikan, atas waktunya diucapkan terima kasih.   Hormat saya,   Anisa Nur Safitri

Contoh Ketiga

Jakarta, 21 Mei 2023   ‍Yth. Pimpinan KCP Bank Indonesia Berjaya Di tempat   Di bawah ini yang bertanda tangan adalah: Nama : Nuri Indah Tempat Tanggal Lahir: 10 Mei 1997 Jabatan : Teller Bermaksud ingin mengajukan permohonan mengundurkan diri dari jabatan tersebut di Bank Syariah Indonesia  Berjaya. Alasannya karena mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Saya juga ingin meminta maaf jika selama bekerja ada banyak kesalahan. Terima kasih atas kepercayaannya selama ini sehingga saya bisa menjalankan pekerjaan dengan baik. Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.   Hormat saya,   Nuri Indah

Demikianlah penjelasan mengenai hal-hal penting yang perlu diketahui ketika ingin membuat surat permohonan pengunduran diri beserta contohnya. Semoga bermanfaat, khususnya bagi Anda yang berniat untuk mengajukan pengunduran diri.