Para fresh graduate yang ingin melamar kerja wajib tahu contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate.Mengingat jumlah pencari kerja saat ini sangat banyak, maka prosedur pembuatan surat lamaran tersebut harus benar dan sesuai aturan agar diterima.

Sebenarnya cara membuat surat lamaran kerja tidaklah sulit. Tetapi karena termasuk surat resmi, bahasa yang digunakan harus baku dan memenuhi struktur khusus untuk surat lamaran kerja.

Mengenal Surat Lamaran Kerja dan Apa Itu Fresh Graduate


Ilustrasi Pencari Kerja Fresh Graduate
Ilustrasi Pencari Kerja Fresh Graduate

Tentu Anda sudah tidak asing dengan surat lamaran kerja. Sederhananya, surat tersebut adalah surat yang dibuat untuk melamar pekerjaan di suatu instansi. Di dalamnya berisi data pribadi dan informasi penting dari pelamar kerja.

Lalu apa yang dimaksud dengan fresh graduate? Istilah ini mengarah pada seorang yang baru lulus atau baru menyelesaikan pendidikannya, baik di SMA, SMK, atau perkuliahan.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan fresh graduate ketika membuat surat lamaran pekerjaan. Karena termasuk surat resmi, kalimat di dalamnya tidak bisa ditulis dengan menggunakan kata-kata gaul atau biasa disebut non baku.

Tujuan utama dari surat ini adalah permohonan untuk mengisi posisi yang kosong di perusahaan atau instansi tertentu.

Sebagai bahan pertimbangan, Anda perlu menuliskan tentang tujuan dan keinginan karir kedepannya setelah resmi diterima di perusahaan tersebut. Pastikan tujuan serta keinginan yang dituliskan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Jangan dianggap remeh, aspek ini merupakan salah satu bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima atau menolak seorang pelamar kerja. Pastikan menyusun kata-kata dengan sebaik-baiknya.

Hal yang Perlu Dilampirkan dalam Surat Lamaran Kerja

Lampiran Surat Lamaran Kerja
Lampirkan Berbagai Hal yang Dibutuhkan dalam Surat Lamaran Kerja

Seperti yang kita tahu, pencari kerja di Indonesia sekarang ini sangat banyak. Akibatnya, persaingan semakin ketat, ditambah lagi adanya cara-cara curang sehingga potensi surat lamaran tertolak sangat tinggi.

Supaya kemungkinan diterima lebih tinggi dibanding kemungkinan ditolaknya, pastikan melampirkan beberapa hal pada surat lamaran pekerjaan. Lampirannya sendiri bisa berupa prestasi, piagam pengalaman kerja, atau lainnya.

  • Daftar riwayat hidup atau CV
  • Ijazah S1 (fotokopi)
  • Transkrip nilai (fotokopi)
  • Sertifikat kursus atau pelatihan yang pernah diikuti
  • Pas foto terbaru
  • Portofolio bagi lowongan kerja kreatif

Format Surat Lamaran Kerja

format surat lamaran kerja
Membuat Surat Lamaran Kerja Harus Sesuai Format

Membuat surat lamaran kerja harus memenuhi aturan khusus. Tidak jauh berbeda dengan surat resmi kebanyakan, format penulisannya harus melampirkan tempat serta alamat perusahaan yang dituju.

Untuk menghindari kesalahan fatal, alangkah lebih baiknya jika mengetahui bagaimana format penulisannya. Begini pembahasan lengkapnya:

  • Tempat dan tanggal surat dibuat
  • Alamat perusahaan tujuan
  • Salam pembuka
  • Pembuka surat
  • Isi surat
  • Lampiran
  • Penutup surat
  • Tanda tangan serta nama terang pelamar

Contoh Cover Letter Fresh Graduate Bahasa Indonesia

Contoh Pertama

Semarang, 11 Juni 2023

Hal: lamaran pekerjaan  

Yth. Bapak/Ibu HRD
PT Masa Depan Cerah
Jl. Kampak Emas No.66, Semarang  

Dengan hormat, Berdasarkan lowongan pekerjaan di Koran Pagi pada 10 Juni 2023 bahwa PT Masa Depan Cerah sedang membutuhkan karyawan dengan posisi IT.

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai desainer grafis di PT Masa Depan Cerah.  

Adapun berikut biodata singkat saya:
Nama: Farhan Bhayu
Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 25 Juli 1998
Pendidikan terakhir: S1 Universitas Sinar Pagi, jurusan Teknik Informatika
Alamat: Jl Bunga Kembang N0. 5
Telepon: 082895339018  

Saya mengerti banyak bahasa pemrograman dan pernah meluncurkan aplikasi yang dimuat pada Google Playstore dan Apps Store. Saya juga mampu berbahasa Inggris dengan fasih dan pernah magang sebagai ahli IT di perusahaan teknologi ternama di Jakarta selama 1 tahun.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
Daftar riwayat hidupFotokopi ijazah S1
Fotokopi transkrip nilai
Pas foto terbaru
Fotokopi sertifikat kompetensi
Sertifikat magang

Saya berharap mendapatkan kesempatan wawancara sehingga Bapak/Ibu mengetahui potensi yang saya miliki. Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak/Ibu HRD, saya ucapkan terima kasih.  

Hormat saya,
Farhan Bhayu  

Contoh Kedua

25 Mei 2023

Yth. Bapak Putra Alimuddin
Human Resource
Future Digital Indonesia
Ruko KIMA blok i 7
Jl Ir.SutamiNo. 88, RT 1/RW 5
Maricayya, Kec. Larompong
Makassar 90245

Surat lamaran ini saya tulis untuk menyatakan ketertarikan saya terhadap posisi Digital Marketer di perusahaan Anda. Saya mendapati informasi lowongan pekerjaan ini dari situs web perusahaan. Sebagai seorang yang telah lulus dari jurusan Advertising Hasauddin University dan memiliki minat yang besar terhadap digital marketing, saya merasa kemampuan saya cocok untuk mengisi posisi yang dicari oleh perusahaan.

Awal ketertarikan saya dengan dunia digital marketing ketika salah satu dosen saya di kampus memperkenalkannya kepada saya. Saya bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk mempelajari digital marketing dari kelas khusus yang diberikan dosen saya. Dari sana, wawasan saya mulai terbuka tentang digital marketing. Ternyata mengerjakan proyek digital marketing sangat menyenangkan dan memberikan dorongan kepada saya untuk terjun ke dunia profesional di bidang ini. 

Selama masa kuliah, saya turut aktif dalam organisasi CACHU (Creative Art Club Hasanuddi University), tepatnya sebagai wakil ketua. Saya juga sempat mengikuti beberapa kompetisi digital marketing  selama periode tahun 2021 kemarin, dan berhasil meraih juara 3 pada salah satu kompetisi tersebut.

Berbekal kemampuan dan pengalaman organisasi di atas, saya merasa mampu untuk mengisi posisi digital marketing di perusahaan Anda. Bersama surat lamaran ini saya lampirkan CV dan digital marketing project yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut.

Demikian surat lamaran saya dan terima kasih untuk waktunya. Besar harapan saya kita bisa  berdiskusi lebih lanjut mengenai posisi ini.

Hormat saya,
Muhammad Fattah
[email protected]
+6213553557567  

Itulah contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduateyang perlu diperhatikan. Semoga bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda, khususnya bagi yang ingin mendaftar kerja sebagai fresh graduate.