Bekerja di sebuah perusahaan besar merupakan hal yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Selain mendapatkan gaji tinggi, Anda juga merasa bangga untuk menyebutkan tempat kerja ketika ditanya oleh orang lain.

Tentu saja bukan hal yang mudah untuk bekerja di sebuah perusahaan besar. Sebab, biasanya proses seleksi penerimaan karyawan lebih ketat dan jumlah pesaing yang mendaftarkan diri untuk bekerja di perusahaan tersebut juga lebih banyak.

Oleh karena itu, Anda butuh bekerja keras untuk bisa diterima kerja di tempat tersebut. Tapi jangan khawatir, di bawah ini akan saya sebutkan 8 hal yang paling dicari oleh perusahaan besar ketika merekrut karyawan. Apa sajakah itu? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Detail 8 Hal Paling Dicari Perusahaan Besar Saat Merekrut Karyawan

1. Potensi Jangka Panjang

calon karyawan
Perusahaan Lebih Memilih Calon Karyawan yang Berpotensi Bekerja Dalam Waktu Lama

Keluar masuknya karyawan di sebuah perusahaan merupakan hal yang lumrah terjadi. Meskipun demikian, rata-rata perusahaan tidak suka dengan hal tersebut dikarenakan bisa mengganggu efektivitas kinerja perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan sudah berinvestasi untuk melatih karyawan tersebut.

Oleh karena itu, perusahaan akan lebih mendahulukan untuk memilih calon karyawan yang dinilai bisa bertahan lama bekerja di perusahaan tersebut. Biasanya pihak HRD menilai berdasarkan berapa lama calon karyawan bekerja di perusahaan sebelumnya.

Indikator lainnya yang juga menjadi penilaian HRD adalah sertifikat tambahan selain ijazah. Dari situ, pihak HRD bisa menilai apakah calon karyawan memang memiliki ketertarikan dengan jabatan yang dilamarnya.

2. Bisa Menguntungkan Perusahaan

Menguntungkan Perusahaan
Perusahaan Lebih Memilih Calon Karyawan yang Bisa Menguntungkan Perusahaan

Alasan perusahaan lebih mendahulukan untuk menerima karyawan yang berpengalaman karena sudah terbukti pernah berkontribusi dan memberikan hasil bagi perusahaan tempat bekerja sebelumnya.

Oleh karena itu, jangan heran jika HRD akan mengajukan pertanyaan secara detail seputar pekerjaan Anda sebelumnya. Hal tersebut semata-mata dalam rangka memastikan apakah Anda memang termasuk karyawan yang bisa menguntungkan perusahaan atau tidak.

Kalau pihak HRD bisa melihat track record yang bagus dalam memberikan keuntungan bagi perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya, maka peluang untuk diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar akan semakin besar.  

3. Kecocokan dengan Lingkungan Perusahaan

Mampu Menyesuaikan Diri dengan Kultur Perusahaan
Calon Karyawan Pilihan Dinilai Mampu Menyesuaikan Diri dengan Kultur Perusahaan

Meskipun keahlian dan keterampilan Anda sesuai dengan posisi yang dilamar, tetap saja perusahaan tersebut akan menilai kecocokan Anda dengan lingkungan perusahaan. Jika dinilai cocok, maka peluang untuk diterima semakin besar. Jika sebaliknya, peluang Anda untuk diterima akan semakin berkurang.

Setiap perusahaan, apalagi perusahaan besar akan melihat dua poin utama sebelum menerima Anda. Pertama, keahlian dan keterampilan Anda memang sesuai dengan jabatan yang dilamar. Kedua, kecocokan Anda dengan kultur atau nilai-nilai yang berlaku di dalam perusahaan tersebut.

Mengapa demikian? Jawabannya karena hanya karyawan yang bisa menyatu dengan suasana di perusahaan yang mampu bertahan lama bekerja di tempat tersebut.

4. Mampu Bekerjasama dengan Tim

Mampu Bekerjasama dengan Tim Merupakan Kriteria Calon Karyawan Terbaik
Mampu Bekerjasama dengan Tim Merupakan Kriteria Calon Karyawan Terbaik

Dalam sebuah perusahaan, banyak jenis pekerjaan tertentu yang harus dikerjakan bersama dengan tim. Seahli apapun Anda, tentu tidak akan mampu menyelesaikan pekerjaan besar sendirian tepat waktu.

Oleh karena itu, biasanya pihak perusahaan akan memberikan tes kepada calon karyawan dengan memberikan tugas yang harus diselesaikan secara tim. Dari situ, pihak karyawan bisa menilai apakah calon karyawan memenuhi kriteria ini atau tidak.

5. Memiliki Antusiasme dan Gairah dalam Bekerja

Antusias Dalam Bekerja
Perusahaan Lebih Memilih Calon Karyawan yang Antusias Dalam Bekerja

Pada poin pertama di atas disebutkan bahwa perusahaan besar lebih mendahulukan calon karyawan yang mampu bekerja dalam jangka panjang dengan perusahaan. Nah, salah satu tolak ukur yang sering digunakan adalah sejauh mana antusias dan gairah calon karyawan terhadap pekerjaannya.

Mengapa demikian? Jawabannya karena karyawan yang memiliki gairah dan antusias yang tinggi terhadap pekerjaannya biasanya tidak terlalu mementingkan besarnya gaji. Meskipun tentu saja gaji yang layak dan sesuai tetap dibutuhkan.

Hanya saja, biasanya karyawan yang memiliki gairah tinggi terhadap pekerjaannya lebih mampu bertahan lama dalam bekerja, karena lebih menikmati pekerjaannya dan tidak menganggapnya sebagai sebuah beban.

6. Mampu Bertindak Sesuai Keahlian

Mampu Menyelesaikan Masalah Sesuai Keahlian
Karyawan Terbaik Adalah yang Mampu Menyelesaikan Masalah Sesuai Keahlian

Jabatan yang dilamar harus sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh calon karyawan. Oleh karena itu, biasanya pihak perusahaan besar akan memberikan tugas tertentu kepada kandidat untuk melihat sejauh mana keahlian yang dimiliki kandidat tersebut.

Poin paling penting yang akan diperhatikan di sini adalah sejauh mana calon karyawan mampu mengerjakan tugas atau menyelesaikan persoalan yang ada berdasarkan skil dan keahlian yang dimilikinya. Jika terbukti mampu, maka potensi untuk diterima akan semakin besar.

7. Memberi Pengaruh Positif Kepada Orang Lain

Karyawan yang Baik Mampu Memberi Pengaruh Positif Kepada Orang Lain
Karyawan yang Baik Mampu Memberi Pengaruh Positif Kepada Orang Lain

Ketika bekerja di sebuah perusahaan, setiap karyawan tidak hanya menjadikan penilaian pada dirinya sendiri. Dalam artian, dia harus mampu berinteraksi dan memberikan pengaruh positif bagi karyawan lainnya.

Ada beberapa kriteria seorang karyawan dianggap mampu memberikan pengaruh positif bagi karyawan lainnya. Di antaranya adalah mampu menjadi teladan berupa ketekunan dalam bekerja, memberikan apresiasi bagi karyawan lain yang mendapatkan penghargaan dari perusahaan, dan lain sebagainya.

Mengapa hal ini sangat penting? Jawabannya karena karyawan yang mampu memberikan pengaruh positif bagi karyawan lainnya tentu akan menguntungkan perusahaan tersebut. Sebab, karyawan tadi akan lebih semangat untuk bekerja dan berkontribusi bagi perusahaan.

8. Ketanggapan

Calon Karyawan yang tanggap Memiliki Nilai Lebih Dalam Pandangan Perusahaan
Calon Karyawan yang tanggap Memiliki Nilai Lebih Dalam Pandangan Perusahaan

Calon karyawan yang tanggap dalam berinteraksi sosial akan memiliki nilai lebih dalam pandangan perusahaan, terutama perusahaan besar. Perusahaan akan menilai sejauh mana respon karyawan ketika menghadapi tekanan pekerjaan dengan relasi sosialnya.

Biasanya karyawan yang pandai berterima kasih ketika mendapatkan bantuan dari karyawan lainnya akan mampu memberikan dampak positif yang besar dalam lingkungan sosial kantor. Sebab, hal tersebut menjadikan kerukunan karyawan tetap terjaga.

Tidak diragukan lagi bahwa nuansa kerja akan semakin kondusif di dalam sebuah perusahaan, karena setiap karyawan rukun dan memiliki rasa kekeluargaan yang besar.

Itulah tadi penjelasan mengenai 8 hal yang paling dicari perusahaan besar saat merekrut karyawan. Jika Anda berniat untuk melamar kerja di sebuah perusahaan besar, pastikan Anda bisa memenuhi 8 hal yang disebutkan di atas agar peluang untuk diterima bekerja semakin besar. Semoga bermanfaat.