Siapa yang tidak ingin mendapatkan passive income? Betapa enaknya bisa mendapatkan penghasilan tanpa memerlukan upaya yang besar dan berkesinambungan. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara mendapatkannya.

Sesuai penyebutannya, passive income adalah penghasilan yang didapatkan seseorang tanpa harus mengeluarkan upaya yang besar. Mana mungkin bisa? Jawabannya tentu bisa jika menggunakan cara-cara yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Tapi sebelum menyebutkan cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income, terlebih dahulu akan disebutkan beberapa alasan utama mengapa perlu mendapatkan passive income tersebut.

Mengapa Perlu Memiliki Passive Income?

Mengapa Perlu Memiliki Passive Income
Memiliki Passive Income Menjadikan Anda Memiliki Banyak Waktu Bersama Keluarga

Secara garis besar, ada tiga tujuan utama mengapa perlu mendapatkan passive income, yaitu :

1. Mendapatkan Income Tanpa Bekerja Keras

Untuk mendapatkan passive income tetap Anda harus bekerja. Hanya saja, Anda tidak perlu bekerja keras untuk mendapatkannya. Bahkan, sambil tidur pun Anda tetap bisa mendapatkannya.

2. Mudah Mengembangkan Usaha

Karena bisa mendapatkan income tanpa harus bekerja keras, berarti Anda memiliki banyak waktu untuk memikirkan dan melakukan pengembangan usaha.

3. Banyak Waktu Bersama Keluarga

Waktu yang paling berharga adalah bersama keluarga. Sesibuk apapun rutinitas harian, waktu berkumpul bersama anggota keluarga tetap harus diperhatikan. Dengan menjalankan bisnis passive income, tentu saja Anda memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga.

Inilah 9 Cara Mendapatkan Passive Income

Cara Mendapatkan Passive Income
Cara Mendapatkan Passive Income Cukup Banyak

Perkembangan teknologi semakin membuka peluang untuk mendapatkan passive income. Bagi yang penasaran bagaimana caranya, silakan simak poin-poin berikut:

1. Menjual Stok Foto

Kabar baik untuk yang suka memotret, entah itu pemandangan alam, objek tertentu, atau gambar-gambar unik, dibandingkan menyimpan foto-foto tersebut di galeri, lebih baik menjualnya di platform-platform online seperti Shutterstock dan yang lainnya.

Bukan hanya profesional, fotografer pemula juga banyak yang menjadi kontributor di platform jual beli foto. Gambar-gambar yang diunggah di sana tidak semuanya dipotret dari kamera profesional, bahkan tidak sedikit yang diambil menggunakan HP saja.

2. Bisnis Franchise

Bukannya berbisnis termasuk aktif income? Memang benar, tetapi ketika berbisnis franchise, maka seorang owner akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda karena orang lain yang ingin bermitra perlu melakukan pendaftaran.

Dari pendaftaran itu, owner akan mendapatkan keuntungan. Di sisi lain, mitranya juga diberi berbagai fasilitas pendukung, seperti gerobak, bahan utama, bimbingan, dan lainnya.

Bentuk bisnis franchise sendiri ada beragam, mulai dari laundry, jualan minuman dingin, coffee shop, warung makan, hingga toko kelontong.

3. Sewa Properti

Hingga kini, sewa properti masih menjadi bisnis yang menjanjikan. Tanpa harus bekerja setiap hari, pemilik properti sudah bisa mendapatkan penghasilan dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sedikit catatan, saat memutuskan untuk membangun atau membeli sebuah properti yang ingin disewakan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah properti tersebut potensial atau tidak. Jika bentuk propertinya berupa bangunan, cari yang lokasinya strategis.

4. Sewa Kendaraan

Bagi yang memiliki mobil atau motor lebih dari satu dan jarang digunakan, sebaiknya jadikan sebagai peluang bisnis dengan membuka penyewaan kendaraan. Tetapkan harga sesuai dengan jenis kendaraan serta lama masa sewa.

Namun Anda perlu menetapkan aturan khusus untuk meminimalisir terjadinya tindak penipuan. Sebaiknya minta penyewa meninggalkan identitas resminya dan kembalikan setelah kendaraan sewaan dipulangkan.

5. Menjadi Konten Kreator

Passive income selanjutnya adalah dengan menjadi YouTuber. Buat konten-konten YouTube menarik yang disesuaikan dengan target audience. Meski perlu menunggu hingga channel sesuai ketentuan pihak YouTube, tetapi keuntungan dari adsense yang didapatkan bisa sangat tinggi.

Bahkan ada nama-nama konten kreator yang disebut-sebut mendapatkan pendapatan tinggi dari adsense YouTube. Untuk mencapainya, Anda perlu mengupload konten dengan tema menarik, contohnya yaitu review makanan, tutorial membuat sesuatu, atau konten edukatif.

6. Memonetisasi Blog

Khusus yang menyukai dunia tulis-menulis, manfaatkan hobi ini untuk mendapatkan cuan. Caranya dengan mengunggah tulisan-tulisan berkualitas ke blog gratis maupun berbayar.

Apabila pembacanya banyak, nantinya blog dapat dimonetisasi. Dengan begitu, pemilik blog akan mendapatkan penghasilan dari iklan-iklan yang muncul. Sebelum itu, terlebih dahulu daftarkan blog ke Google Adsense.

7. Membuka Indekos

Peluang bisnis menjanjikan lainnya adalah membuka indekos. Pilih lokasi-lokasi strategis, misalnya dekat dengan universitas, pabrik besar, sekolah elit, atau daerah perkotaan.

Untuk menarik minat calon penghuni kos, berikan fasilitas pendukung utamanya WiFi. Masyarakat saat ini tidak bisa jauh  dengan internet, untuk itu dengan adanya WiFi, ada kemungkinan kos Anda jauh lebih dipertimbangkan.

8. Mengikuti Program Afiliasi

Kecanggihan teknologi membawa berbagai keuntungan terutama bagi kalangan anak muda yang melek teknologi. Salah satu bidang paling potensial untuk mendapatkan pasif income adalah mengikuti program afiliasi.

Cara kerjanya adalah dengan mempromosikan produk dari seller tertentu yang umumnya memiliki toko di e-commerce ternama Indonesia.

Tugas afiliator adalah memengaruhi sekaligus mengarahkan khalayak untuk membeli produk dari toko yang bekerja sama dengannya.

9. Membuat dan Menjual E-Book

Buku fisik sekarang sudah mulai ditinggalkan karena selain harganya yang cukup tinggi, juga karena banyak orang melihat dari sisi kepraktisan. Oleh karenanya, masyarakat mulai beralih ke e-book.

Tidak perlu lagi membawa buku tebal kemana-mana, cukup dengan satu perangkat misal HP atau PC, maka e-book sudah dapat diakses. Melihat fakta ini, membuat dan menjual e-book cocok masuk ke dalam daftar salah satu cara mendapatkan passive income.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara mendapatkan passive income. Cara-cara tersebut sebagian membutuhkan modal besar, sebagian lainnya membutuhkan modal skill saja. Tinggal pilih saja manakah di antara bisnis passive income yang mudah bagi Anda.