Keterampilan yang berkaitan dengan dunia kerja perlu diasah agar terus berkembang, terutama di era dunia kerja yang semakin ketat saat ini.

Skill atau keterampilan begitu dibutuhkan agar perusahaan yang mempekerjakan Anda puas dengan hasil kinerja yang diberikan. Keuntungan lainnya adalah peluang yang Anda miliki untuk naik jabatan semakin besar.

8 Cara Membangun Keterampilan yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Baik yang masih sekolah, kuliah, baru lulus kuliah, atau job seeker, sangat perlu mempelajari keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Belum tahu bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Identifikasi Keterampilan

Tingkatkan Ketrampilan dengan Cara Identifikasi Kemampuan
Tingkatkan Ketrampilan dengan Cara Identifikasi Kemampuan

Setiap orang memiliki keterampilan tertentu yang umumnya terbentuk dari kebiasaan atau diasah dari waktu ke waktu. Saat akan mempelajari suatu skill, terlebih dahulu identifikasi keterampilan yang Anda miliki.

Keterampilan ini umumnya terlihat semasa sekolah, terutama pada kegiatan olahraga, prakarya, kemampuan bahasa asing, serta memecahkan rumus-rumus matematika dan bidang pelajaran sulit lainnya.

Meski tampak sederhana dan sering diremehkan, skill yang dimiliki seseorang dapat dikembangkan lebih lanjut dan menjadi ladang penghasilan. Bagi yang sulit mengidentifikasikan keterampilannya, coba amati hobi dan bidang yang menarik minat Anda.

2. Sesuaikan Minat dan Bakat

ketrampilan sesuai bakat
Tingkat Ketrampilan Sesuai Bakat dan Minat

Perlu tekad dan keseriusan saat memutuskan mempelajari hal baru. Tanpa dua hal tersebut, seseorang biasanya hanya semangat di awal-awal saja. Sedangkan, skill bisa dikuasai jika dipelajari secara berkelanjutan.

Silakan pilih keterampilan sesuai dengan bakat dan minat. Kabar baik bagi yang belum memiliki bakat, ketika Anda memiliki niat untuk mempelajari bidang yang diminati, biasanya semangat juang tetap berkobar meski nantinya menghadapi banyak rintangan.

Sebelum menentukan pilihan, coba untuk melihat kira-kira bidang apa yang paling potensial serta sesuai minat dan bakat di era sekarang ini. Dengan begitu, menentukan bidang yang ingin dipelajari menjadi lebih mudah tanpa khawatir salah sasaran.

3. Memanfaatkan Media Online untuk Belajar

Memanfaatkan Media Online untuk Belajar
Media Online Merupakan Salah Satu Sarana Terbaik Untuk Belajar Meningkatkan Ketrampilan

Berkat perkembangan teknologi, kini mempelajari hal-hal baru semakin mudah, bahkan tidak perlu mengeluarkan dana besar karena hanya perlu memanfaatkan media online. Medianya sendiri bisa berupa YouTube, TikTok, platform belajar online, atau lainnya.

Belajar melalui audio visual dipercaya dapat mempercepat seseorang dalam menyerap suatu ilmu. Bahkan tidak sedikit orang yang berhasil menguasai skil-skil dengan tingkat kerumitan tinggi dengan hanya belajar online.

Menariknya, bidang yang dibahas tidak terbatas pada satu atau dua topik saja. Tinggal pilih apa saja bidang yang paling diminati, misalnya desain grafis, bahasa pemrograman, fotografi, ataupun memasak.

4. Ikuti Pelatihan atau Workshop

Ikuti Pelatihan atau Workshop
Mengikuti Pelatihan atau Workshop Sangat Efektif Meningkatkan Skill dan Kemampuan

Untuk memperdalam skill yang dipelajari melalui platform online, apabila memungkinkan memang sangat dianjurkan untuk mengikuti pelatihan atau workshop. Manfaat penting lainnya adalah mendapatkan teman dengan bakat dan minat sejalan.

Memiliki mitra dalam mempelajari suatu bidang akan meningkatkan motivasi seseorang untuk selalu konsisten. Tidak jarang, mereka dapat membangun perusahaannya sendiri dengan saling bekerja sama.

Saat ini, menemukan pelatihan atau workshop tidaklah sulit. Di platform-platform online banyak tersebar informasi mengenai hal tersebut. Hanya saja, pastikan mencari agensi penyelenggara yang terpercaya dan dibimbing langsung oleh para ahli dalam bidang terkait.

5. Terapkan Keterampilan yang Dipelajari

Terapkan Keterampilan yang Dipelajari
Terapkan Keterampilan yang Dipelajari Agar Lebih Terasah

Jangan hanya disimpan, coba mulai terapkan keterampilan yang telah dipelajari. Salah satu tujuannya adalah untuk mematangkan skill yang dimilikinya. Mengenai caranya, bisa dengan mengikuti program magang, membuat video tutorial, dan sering-sering berlatih.

Semakin mahir dalam bidang tertentu, keberadaan Anda akan semakin dipertimbangkan. Oleh karenanya, penting untuk menerapkan keterampilan yang dipelajari meskipun pengetahuan masih terbatas.

Tenang saja, semakin diterapkan, biasanya kemampuan yang dimiliki menjadi lebih terasah. Kuncinya adalah jangan sampai menyerah, terutama ketika dihadapkan dengan berbagai kesulitan dan masalah.

6. Berkolaborasi dengan Orang Lain

Berkolaborasi dengan Orang Lain
Berkolaborasi dengan Orang Lain Sangat Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Bukan merugikan, berkolaborasi dengan orang lain malah mendatangkan berbagai keuntungan. Apa saja itu? Mulai dari membentuk sirkel baru, meningkatkan skill sekaligus pengetahuan dalam bidang yang dipelajari, serta membuka lebih banyak peluang.

Cari orang-orang yang memiliki pengalaman dalam bidang yang sama untuk berkolaborasi. Tidak perlu langsung melakukan hal rumit, cukup mulai dengan hal-hal sederhana saja sambil meningkatkan skill.

Dengan berkolaborasi, apabila ada masalah yang mungkin saja muncul di kemudian hari, maka bisa diselesaikan bersama atau bersama-sama mencari solusi paling tepat.

7.  Memanfaat Peluang Sekecil Apapun

Memanfaat Peluang Sekecil Apapun
Memanfaat Peluang Sekecil Apapun Kunci Keberhasilan Dalam Dunia Kerja

Jangan selalu fokus pada peluang besar saja. Manfaatkan sebaik-baiknya peluang kecil untuk mengembangkan skill agar menjadi seorang expert dalam bidang yang didalami. Terus fokus mengembangkan kemampuan sampai mencapai target-target yang ditentukan.

Peluang sebenarnya selalu ada, tetapi karena khawatir tidak mampu atau menganggap remeh peluang itu, akhirnya peluang terlewatkan begitu saja. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, ada potensi peluang kecil bisa menjadi bisnis dengan keuntungan menjanjikan.

Sangat disarankan untuk memperluas relasi supaya peluang semakin terbuka lebar. Bagi yang tidak memiliki relasi luas, coba cari peluang melalui media sosial dan platform khusus untuk pencari kerja seperti halnya LinkedIn.

8. Mampu Menetapkan Prioritas dengan Baik

Mampu Menetapkan Prioritas dengan Baik
Kembangkan Skill dan Ketrampilan yang Paling Penting dan Cocok Bagi Anda

Setelah menguasai skill tertentu, pastikan untuk mempelajarinya kembali secara berkala. Lebih bagus lagi upgrade skill pada bidang sama atau bidang pendukung lain.

Tidak ada salahnya memiliki banyak kemampuan. Namun, sebaiknya pelajari satu skill terlebih dahulu sampai benar-benar bisa. Mulai dari tingkatan paling dasar kemudian lanjutkan pada tingkat lanjutan.

Itulah penjelasan mengenai cara membangun keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Konsisten menjadi kunci utama supaya skill yang dipelajari benar-benar dapat dikuasai dengan baik.