Sebagian karyawan menganggap pekerjaannya sehari-hari di kantor sebagai beban. Hal tersebut terlihat jelas dari sikap malas dan ogah-ogahan, menunda-nunda pekerjaan, mengeluh, dan stres menghadapi deadline atau tenggat waktu pekerjaan.

Akibatnya, masuk kantor setiap hari terasa sebagai beban yang sangat berat, yang mengakibatkan pekerjaan tidak dikerjakan secara maksimal. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya lakukan tips-tips di bawah ini untuk menghilangkannya.

Inilah 11 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban

1. Bersyukur Karena Mendapatkan Pekerjaan

Selain membekali diri dengan ilmu yang bermanfaat, apa tujuan Anda kuliah? Tentu untuk bekerja bukan? Lantas mengapa Anda malah merasa terbebani ketika sudah mendapatkan pekerjaan. Padahal, betapa banyak orang yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja seperti Anda.

Oleh karena itu, Anda mesti banyak bersyukur karena bisa langsung bekerja setelah selesai kuliah dan tidak terlalu lama menganggur. Dengan bersyukur, Anda bisa lebih lebih mencintai pekerjaan dan lebih semangat untuk bekerja.

2. Berdoa Sebelum Bekerja

Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin. Namun, segala daya dan upaya semata-mata berdasarkan pertolongan dari Allah Ta’ala semata.

Oleh karena itu, biasakan untuk berdoa sebelum bekerja. Jika Anda membiasakan hal ini, niscaya pekerjaan akan terasa lebih mudah dan tidak lagi menjadi sebuah beban.

3. Selesaikan Pekerjaan Secepat Mungkin

Terkadang pekerjaan terasa sebagai beban karena Anda terlalu lama menyelesaikan sebuah tugas atau pekerjaan. Misalnya saja Anda bekerja terus menerus selama 3-4 hari.

Jika kondisinya seperti itu, sebaiknya mengupayakan agar pekerjaan tersebut bisa selesai dalam 1-2 hari, agar tidak terasa sebagai beban bagi Anda.

4. Ingat Target Karir Anda

Tentu Anda memiliki target karir tertentu yang ingin didapatkan. Oleh karena itu, jika Anda mulai merasa bosan bekerja dan menganggapnya sebagai beban, maka ingat kembali target karir yang ingin Anda capai

Dengan cara begitu, Anda bisa kembali semangat bekerja dan menyelesaikan pekerjaan agar bisa mewujudkan jenjang karir yang ditargetkan.

5. Miliki Paradigma Karyawan

Apakah selama ini Anda menganggap diri sendiri sebagai buruh atau pekerja? Jika iya, mungkin hal inilah yang membuat Anda merasa bosan sehingga bekerja terasa sebagai sebuah beban.

Rubahlah paradigma tersebut dengan menganggap diri Anda sebagai orang yang berkarya. Sebab bagaimanapun, bekerja berarti membuat karya. Ketika bekerja di sebuah perusahaan, pada kenyataannya Anda sedang berkarya dan berkontribusi kepada perusahaan tempat Anda bekerja.

6. Lakukan yang Terbaik

Ketika berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik, Anda tentu akan mendapatkan respon yang baik akibat hal tersebut. Tidak diragukan lagi kalau respon yang baik tersebut sangat membantu meningkatkan gairah dan semangat untuk bekerja.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu melakukan yang terbaik ketika bekerja. Respon baik yang Anda dapatkan dari orang-orang di sekitar Anda akan membantu menjaga semangat dalam bekerja, sehingga pekerjaan tidak lagi terasa sebagai sebuah beban.

7. Kerjakan Pekerjaan yang Paling Sulit Terlebih Dahulu

Sebagai seorang karyawan, tentu Anda akan dibebani dengan banyak pekerjaan setiap hari. Sebagian pekerjaan ada yang mudah diselesaikan, sebagian lainnya sulit. Agar tidak menjadi beban, sebaiknya selesaikan pekerjaan yang paling sulit terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda bisa lebih semangat dalam bekerja dan menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kalau Anda berpikir bahwa pekerjaan yang lebih sulit saja bisa diselesaikan, apalagi pekerjaan yang ringan.

8. Bekerja dengan Sepenuh Hati

Aktivitas apapun yang dikerjakan akan terasa berat dan tidak mampu diselesaikan dengan baik jika Anda tidak bekerja dengan sepenuh hati. Bahkan, bisa saja hasilnya mengacaukan langkah-langkah yang telah ditempuh sebelumnya, sehingga harus mengulangi proses pengerjaan dari awal.

Oleh karena itu, Anda mesti belajar mencintai pekerjaan yang dijalani agar bisa menyelesaikannya dengan baik dan tidak terasa sebagai sebuah beban.

9. Bekerja dengan Ikhlas

Hendaknya Anda berupaya ikhlas dalam bekerja agar pekerjaan tersebut bernilai ibadah di sisi Allah Ta’ala. Dengan ikhlas pula, Anda bisa lebih semangat dalam bekerja sehingga pekerjaan tidak lagi terasa sebagai sebuah beban.

Sesulit apapun pekerjaan yang dijalani, semua akan terasa ringan jika dilakukan dalam kondisi ikhlas dan mengharapkan pahala di sisi Allah Ta’ala.

10. Mencicil Pekerjaan Besar

Mengeluh sana-sini ketika dibebani sebuah pekerjaan yang besar tidak bermanfaat sama sekali. Sebab bagaimanapun, Anda tetap harus mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan tersebut. Solusi terbaik yang bisa dilakukan agar pekerjaan terasa ringan adalah dengan menyicilnya.

Bagi saja pekerjaan tersebut dalam beberapa hari. Misalnya, Anda menargetkan waktu penyelesaian sebuah pekerjaan besar selama 7 hari. Buat list hal-hal yang perlu dikerjakan secara berurutan dan berkesinambungan setiap hari, agar pekerjaan tersebut bisa selesai dalam waktu 7 hari.

11. Ingat Keluarga Anda

Salah satu tujuan utama Anda bekerja adalah untuk mencari nafkah bagi keluarga. Oleh karena itu, ingat kembali keluarga Anda ketika rasa malas mulai menyerang dan bekerja mulai terasa sebagai sebuah beban.

Tegaskan pada diri Anda efek yang akan terjadi jika malas bekerja, apalagi jika sampai kehilangan pekerjaan.

Di sisi lain, berikan semangat pada diri Anda sendiri dengan cara mengingatkan besarnya gaji dan bonus yang didapatkan ketika mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan sesuai taget perusahaan.

Itulah tadi 11 tips agar pekerjaan yang Anda jalani tidak menjadi beban. Jika Anda mulai malas bekerja dan terasa sebagai sebuah beban, segera singkirkan hal tersebut dengan melakukan tips-tips yang disebutkan pada postingan ini.