Mendapat kesempatan untuk mengikuti proses interview atau wawancara saat melamar suatu posisi di sebuah perusahaan adalah hal yang paling dinanti-nanti oleh para pelamar. Ini berarti peluang untuk lolos sebagai pelamar yang terpilih juga semakin besar.

Lolos ke tahap interview juga bukanlah hal yang mudah dan bisa diperoleh oleh semua calon yang melamar. Pihak rekruiter biasanya akan melakukan seleksi yang ketat untuk melihat siapa kandidat yang pantas untuk maju ke tahap ini. Oleh karena itu, kesempatan seperti tidak boleh disia-siakan.

Namun bagaimana jika Anda ternyata berubah pikiran atau telah mendapatkan tawaran kerja yang jauh lebih baik? Tentu saja Anda boleh menolak panggilan tersebut, karena sebagai calon pelamar Anda masih punya hak untuk melanjutkan atau tidak. Berikut ini ada beberapa cara menolak panggilan interview dengan bijak.

Etika dalam Menolah Panggilan Interview

Etika dalam menolak panggilan interview
Menolak Panggilan Interview dengan Bijak Menunjukkan Etika yang Baik

Seperti yang telah diketahui, kesempatan untuk mengikuti proses interview adalah hal yang paling dinanti-nantikan oleh para pelamar. Untuk itu, jika Anda adalah salah satu kandidat terpilih namun ternyata tidak dapat mengikutinya, sebaiknya Anda menolaknya dengan cara yang lebih bijak.

Meskipun cara menolak panggilan interview bisa saja Anda lakukan dengan mengabaikannya begitu saja, namun akan jauh lebih baik jika Anda memberi respon penolakan dengan bahasa yang baik dan sopan. Dengan begitu, Anda menunjukkan penghargaan atas kesempatan yang diberikan.

Menolak panggilan interview seperti ini bisa Anda lakukan melalui pesan tertulis di WhatsApp ataupun melalui Email. Umumnya, kontak pihak rekruiter yang dapat dihubungi untuk masalah ini dapat diperoleh di informasi kontak yang tertera di halaman surat pemanggilan Anda.

Agar bisa menolak panggilan interview dengan cara yang lebih bijak dan sopan, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Segera Merespon Panggilan Interview yang Diperoleh

Jika Anda telah yakin untuk tidak melanjutkan tahap rekruitmen yang pihak perusahaan lakukan, maka sebaiknya segera berikan respon terhadap surat panggilan yang ditujukan untuk Anda. Setidaknya hal ini membantu pihak rekruiter untuk mengalihkan panggilan yang sebelumnya untuk Anda ke orang lain.

2. Ucapkan Rasa Terima Kasih

Menghargai setiap kesempatan dan keputusan yang perusahaan berikan untuk Anda merupakan salah satu cara menolak panggilan interview dengan bijak. Anda bisa melakukannya dengan menyampaikan rasa terima kasih yang diletakkan pada awal maupun akhir pesan penolakan tersebut.

3. Sampaikan Permintaan Maaf

Selain ucapan terima kasih, permintaan maaf juga seharusnya tidak boleh luput Anda sampaikan ketika akan menolak sebuah panggilan. Permintaan maaf ini setidaknya akan memberikan kesan penghargaan atas waktu dan tenaga yang telah pihak rekruiter luangkan untuk memilih Anda.

4. Berikan Argumen Penolakan yang Masuk Akal dan Tidak Menjatuhkan

Ketika Anda menolak panggilan interview, jangan lupa untuk memaparkan alasannya. Misalnya, Anda telah mendapat tawaran kerja lain yang lebih menarik di tempat lain, atau Anda tiba-tiba berubah pikiran dan merasa kurang cocok dengan posisi tersebut, ataupun karena alasan personal lain.

Meskipun alasan-alasan tersebut dapat digunakan, namun jangan sampai argumen tersebut terkesan menjatuhkan nama perusahaan ataupun menyepelekan peluang yang telah dibuka untuk Anda. Paparkan alasan penolakan tersebut dengan singkat namun jelas.

5. Gunakan Bahasa yang Baik dan Sopan

Seperti yang telah disarankan sebelumnya, hindari menggunakan bahasa yang cenderung menjatuhkan dan menyepelekan peluang yang telah diberikan. Untuk itu, pastikan untuk selalu menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Selain itu, gunakan format dan tata bahasa yang terkesan lebih formal dan bernilai.

Contoh Pesan Penolakan Panggilan Interview

panggilan interview
Membuat Surat Penolakan Interview dengan Bijak Menunjukkan Kualitas Diri Anda

Cara menolak panggilan interview sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Hal ini juga selalu disesuaikan dengan alasan mengapa Anda harus menolak panggilan tersebut. Alasan-alasan tersebut bisa saja berkaitan dengan pihak lain ataupun alasan-alasan yang bersifat personal.

Nantinya alasan-alasan tersebut dapat Anda jadikan argumen ketika menulis pesan penolakan interview tersebut. Berikut ini beberapa contoh alasan yang bisa jadi referensi bagi Anda :

Contoh Pesan Penolakan Karena Sudah Mendapat Pekerjaan di Tempat Lain

Kepada Yth. HRD [Nama perusahaan] Terima kasih sebelumnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bisa ikut dalam tahapan interview ini. Namun saya harus menyampaikan bahwa saya telah menerima pekerjaan lain sebelum adanya pemanggilan ini, sehingga saya tidak bisa mengikuti proses interview tersebut. Saya memohon maaf atas keputusan yang telah saya buat dan semoga perusahaan Bapak/Ibu dapat menemukan kandidat terbaik yang sesuai dengan kualifikasi yang diterapkan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Hormat saya, (Nama Anda) (Nomor HP)

Contoh Pesan Penolakan Karena Alasan Personal

Kepada Yth. HRD [Nama perusahaan] Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas undangan panggilan interview dari perusahaan Bapak/Ibu berikan kepada saya pada posisi [nama posisi yang dilamar]. Akan tetapi, dengan berat hati saya harus menyampaikan bahwa saya tidak dapat memenuhi panggilan itu karena suatu alasan personal. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan permohonan maaf atas keputusan yang telah saya buat ini. Semoga ke depannya, saya masih bisa menjalin hubungan dan kerjasama secara profesional dengan perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan pemaklumannya, saya ucapkan terima kasih. Semoga perusahaan Bapak/Ibu bisa menemukan kandidat terbaik yang sesuai kualifikasi. Hormat saya, (Nama Anda) (Nomor HP)

Contoh Pesan Penolakan Karena Alasan Lain yang Sulit Disebutkan

Kepada Yth. HRD [Nama perusahaan] Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas undangan panggilan interview dari perusahaan Bapak/Ibu berikan kepada saya pada posisi [nama posisi yang dilamar] di perusahaan [nama perusahaan]. Namun setelah melalui banyak pertimbangan, saya harus memutuskan untuk tidak mengikuti tahapan interview ini maupun tahapan-tahapan seleksi lainnya di perusahaan Bapak/Ibu. Hal ini didasari oleh beberapa alasan yang tidak dapat saya sebutkan di sini. Oleh karena itu, saya memohon maaf atas keputusan yang saya buat ini. Semoga keputusan yang saya buat ini adalah keputusan terbaik dan tidak mengganggu proses recruitment yang sedang berjalan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Hormat saya, (Nama Anda) (Nomor HP)

Contoh Pesan Penolakan dalam Bahasa Inggris

Dear [HRD’s name] Thank you very much for considering me as a candidate on this recruitment. I am honour for the interview invitation and the job offer for [position] at [company name].  Unfortunately, I was unable to attend the interview, due to personal issues. I sincerely apologize for this decision. I really appreciate the time and energy to have an interview and send me a job offer. Best Regards, [Your name] [Phone number]

Itulah tadi beberapa cara menolak panggilan interview dengan bijak yang perlu diketahui. Jangan mengabaikan begitu saja panggilan tersebut meskipun sudah tidak membutuhkannya. Sampaikan penolakan secara resmi dan sopan, karena hal itu menunjukkan etika yang baik pada diri Anda.