Point of sales merupakan salah satu hal yang perlu diketahui oleh calon atau para pelaku usaha. Istilah ini berkaitan dengan sistem yang membantu untuk merapikan data-data pendapatan.

Berkat kehadirannya, pekerjaan merekap data pendapatan berjalan lebih mudah. Tidak perlu lagi mencatat di buku besar secara manual karena seluruh prosesnya memanfaatkan teknologi terkini.

Mengenal Apa Itu Point of Sales

Ilustrasi Point Of Sales
Ilustrasi Point Of Sales

Belum tahu apa itu point of sales? Istilah ini juga dikenal dengan POS. Point of sales sendiri adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengefektifkan aktivitas transaksi dalam kegiatan operasional bisnis.

Dengan menggunakan POS, pelaku usaha dapat mengolah data transaksi dan memberi pelayanan optimal pada pelanggan.

Sebenarnya, POS banyak dijumpai di supermarket, restoran, toko baju, atau toko-toko yang telah memanfaatkan teknologi untuk merekap data penjualan. Sederhananya, POS adalah mesin kasir online.

Sekarang ini, point of sales memiliki fungsi yang lebih banyak. Hal ini karena di dalamnya telah didukung dengan berbagai fitur canggih. Salah satunya fitur untuk mendeteksi jumlah stok barang di gudang.

Menariknya, sistem tersebut mendukung untuk diakses di berbagai macam perangkat, misalnya tablet, mesin EDC, dan smartphone. Bahkan, kabarnya sistem POS berbasis Android dan iOS menyediakan fitur lebih kompleks.

Manfaat Penting Point of Sales

Point of Sales Memiliki Banyak Manfaat Penting
Point of Sales Memiliki Banyak Manfaat Penting

Bagi seorang pengusaha, point of sales penting untuk dimiliki. Pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa begitu? Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat pentingnya:

1. Sebagai Dokumentasi Transaksi Penjualan

Hal ini berkaitan dengan kemampuan POS yang dapat digunakan untuk mencatat secara otomatis transaksi penjualan. Meski sistemnya bekerja secara otomatis, tetapi tingkat kevalidannya tetap tinggi.

Apabila curiga datanya kurang tepat, Anda bisa melakukan pencocokan data. Sistemnya memang dibuat canggih untuk mempermudah para penggunanya dalam merekap data penjualan, memastikan kecocokan data, dan mencatat metode pembayaran.

2. Mengecek Ketersediaan Produk

Tentu tidak mungkin jika memeriksa ketersediaan produk dengan menghitung satu-persatu stok di gudang. Untuk itu, perlu POS guna memudahkan mengecek berapa jumlah stok produk di gudang terbaru.

Perusahaan tidak perlu lagi bingung kekurangan atau kelebihan stok produk karena jumlahnya bisa dipantau secara realtime. Jadi hasil yang ditampilkan merupakan jumlah stok terbaru.

3. Mengolah Data secara Efisien

Dahulu, perlu waktu lama untuk merekap sekaligus mengolah data. Kabar buruknya lagi, tingkat kevalidan datanya masih perlu ditanyakan karena sangat rawan mengalami kesalahan ringan maupun fatal.

Berbekal teknologi canggih yang ditanam pada sistem POS, proses mengelola inventaris, mengidentifikasi tren produk, dan memantau penjualan paling tinggi semakin mudah. Di samping itu, tingkat kevalidan datanya tinggi.

4. Menampilkan Laporan Keuangan Secara Realtime

Guna menghindari penyelewengan, point of sales mendukung untuk digunakan memantau laporan keuangan secara realtime. Jangan khawatir, informasi yang ada di dalamnya akan diperbarui secara berkala sesuai dengan data aslinya.

Menariknya, software POS mendukung untuk diakses kapan pun dan di mana pun menggunakan perangkat tertaut. Jadi pemantauan laporan keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

5. Data Dapat Diubah dengan Cepat

Tidak perlu penghapus ataupun tipe correction, data yang ada di POS dapat diganti dengan cepat. Anda hanya perlu mengoperasikan sistemnya kemudian hapus atau tambahkan data yang diinginkan.

Apabila ada update harga terbaru, bisa sesegera mungkin diganti agar tidak sampai menimbulkan kesalahan. Dengan begitu, kemungkinan terjadi kerugian akan sangat kecil.

6. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Bukan hanya pemilik usaha, penggunaan point of sales juga mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini karena transaksi berlangsung dengan mudah dan cepat.

Pelanggan tidak perlu lagi antri lama untuk melakukan pembayaran, terlebih saat berbelanja di toko-toko besar dengan banyak pelanggan. Alhasil, pelanggan tertarik kembali untuk membeli barang yang mereka butuhkan.

Cara Kerja Point of Sales

Sistem Point Of Sales Terhubung Internet
Sistem Point Of Sales Berjalan Baik Ketika Terhubung Internet

Point of sales adalah layanan digital yang berbentuk aplikasi. Sistemnya dapat berjalan dengan baik ketika terhubung dengan internet. Bisa dibilang bahwa POS menjadi pengganti mesin kasir konvensional.

Sistem pada POS memungkinkan seseorang menerima pembayaran dari pelanggan sekaligus melacak penjualan. Secara detail, cara kerjanya tergantung dari model transaksi. Jadi antara jual beli online dan offline memiliki cara kerja berbeda.

Dahulu point of sale hanya difokuskan pada penjualan offline saja. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, sistem point of sale dikembangkan untuk mendukung jual-beli online.

Perkembangan yang terjadi membuat pengguna menjadi lebih mudah mengakses aplikasi POS. Tidak harus selalu menggunakan komputer, aplikasinya dapat diakses melalui perangkat elektronik lain seperti halnya HP dan tablet.

Pertanyaannya, apa saja yang bisa dilakukan sistem POS? Penjelasan selengkapnya akan diulas pada poin-poin di bawah ini:

  • Melacak data penjualan penting.
  • Membantu mengotomatiskan proses transaksi.
  • Menangkap perbedaan harga atau arus kas.
  • Memantau tingkat inventaris.
  • Menunjukkan pola penjualan.
  • Mengumpulkan informasi penjualan harian.

Berbagai manfaat yang disebutkan di atas bisa didapatkan berkat sistem kerjanya yang baik. Didukung dengan teknologi terkini yang canggih, sistem POS dapat melakukan berbagai hal, termasuk:

  • Proses transaksi berjalan secara otomatis.
  • Menyajikan arus kas yang tersedia ataupun perbedaan harga.
  • Bisa melakukan pelacakan terhadap berbagai jenis penjualan.
  • Point of sales dapat digunakan untuk mengelola berbagai komponen dalam bisnis.
  • Menyajikan laporan penjualan harian secara terperinci.
  • Sistem penjualan ditunjukkan secara detail.

Penjelasan di atas diharapkan bisa menjawab pertanyaan apa itu point of sales. Di era persaingan bisnis yang begitu cepat seperti sekarang, perlu adanya pendukung untuk merekap data penjualan, termasuk stok produk, mempermudah pembayaran, dan lain sebagainya.