Kerja part time merupakan bidang pekerjaan yang bisa dijadikan sampingan. Cocok dipilih oleh ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan, guru honorer, atau bidang pekerjaan lain yang memang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Menariknya, di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini jumlah pekerjaan part time semakin banyak. Jenis pekerjaannya mendukung untuk dilakukan kapan pun dan di mana pun karena tidak terikat waktu maupun tempat.

Rekomendasi Kerja Part Time Paling Menghasilkan

Bagi yang belum tahu, kerja part time adalahistilah lain untuk menyebut pekerjaan paruh waktu. Artinya, pekerja part time hanya bekerja kurang dari 8 jam per hari. Mengenai lama waktunya, tergantung dar kebijakan masing-masing tempat bekerja.

Penasaran dengan apa saja pekerjaan part time yang menguntungkan zaman modern ini? Berikut rekomendasinya:

1. Virtual Assistant

Ilustrasi Virtual Assistant
Ilustrasi Virtual Assistant (Source : yberryinfotainment.in)

Berkat internet, ada banyak orang yang membutuhkan jasa virtual assistant. Jika ingin mendapatkan keuntungan besar dari pekerjaan ini, pilih perusahaan besar atau perusahaan luar negeri.

Berdasarkan informasi dari Fairy God Boss, disebutkan bahwa virtual assistant memiliki berbagai tugas, mulai dari mengelola email, membuat skedul, menjadi admin media sosial, dan lain sebagainya.

Fast respon merupakan salah satu modal penting jika ingin menjadi virtual assistant. Sebab, seluruh kegiatannya dilakukan melalui platform online.

2. MC atau Pemandu Acara

Ilustrasi MC atau Pemandu Acara
Ilustrasi MC atau Pemandu Acara (Source : kompas.com)

Peran MC atau pemandu acara sangat dibutuhkan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan meriah. Masih jarangnya orang yang menguasai publik speaking membuat bidang pekerjaan MC cukup menjanjikan.

Tidak perlu mengeluarkan uang besar untuk modal, cukup kuasai beberapa kemampuan terutama publik speaking, percaya diri tampil di hadapan khalayak luas, dan berpenampilan menarik.

Ingin mudah mendapatkan klien, silakan membuat lamaran di agensi event organizer ternama atau membuka jasa secara pribadi.

3. Staff Perpustakaan

Staff Perpustakaan
Ilustrasi Staff Perpustakaan

Seperti yang kita tahu, kebanyakan perpustakaan di Indonesia buka sesuai jam kerja. Jadi, staff-staff di sana tidak bekerja secara penuh waktu tetapi paruh waktu. Meskipun begitu, gajinya masih terbilang menggiurkan.

Recommended dipilih untuk yang suka membaca. Jadi di sela-sela waktu kosong, staff perpustakaan bisa membaca berbagai judul buku sesuai minat.

Mengenai tugasnya sendiri beragam, tergantung dari jabatannya. Paling umum, tugasnya adalah menata buku sesuai dengan genre, merapikan buku yang berserakan, menjaga kebersihan buku, serta menjaga buku agar tetap dalam kondisi baik.

4. Tutor

tutor
Ilustasi Tutor atau Mentor

Jika dulunya skil-skil baru hanya mendukung dipelajari secara offline, sekarang ini mendukung dipelajari secara online. Hal ini memunculkan peluang kerja baru, salah satunya menjadi tutor.

Pilih saja bidang yang Anda kuasai, misalnya menjadi tutor Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, piano, karate, taekwondo, biola, gitar, atau lainnya.

Para orang tua biasanya rela mengeluarkan biaya tinggi sekalipun untuk membuat putra dan putrinya mampu menguasai bidang tertentu. Sekarang ini, pembelajaran mendukung dilakukan dengan dua metode yakni online dan offline.

5. Freelance Writer

Freelance Writer
Ilustrasi Freelance Writer

Panggilan untuk yang gemar menulis, baik itu cerita, puisi, pantun, jurnal ilmiah, atau artikel, freelance writer merupakan pekerjaan yang cocok dipilih. Bagaimana tidak, pekerjaannya bisa dilakukan secara online.

Tidak sedikit perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan freelance writer dengan gaji standar hingga tinggi. Kuasai bahasa lain apabila ingin mendapatkan gaji lebih tinggi, seperti halnya Bahasa Inggris.

Kebanyakan perusahaan akan menawarkan lowongan kerja melalui situs atau aplikasi yang sering dirujuk para jobseeker, seperti halnya LinkedIn, Fastwork, dan karir.com.

6. Konten Kreator

Konten Kreator
Ilustrasi Konten Kreator

Menjadi konten kreator di YouTube ataupun TikTok dinilai sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, dengan hanya bekerja di rumah saja, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tinggi.

Semakin banyak penontonnya maka penghasilan dari adsense aplikasi atau endorse juga akan mengalami peningkatan. Jika tidak ingin membuat channel sendiri, silakan tawarkan jasa konten kreator untuk mempromosikan produk atau mengisi channel perusahaan tertentu.

Tenang saja, menjadi konten kreator tidak selalu membutuhkan dana besar. Modal yang perlu dimiliki adalah percaya diri tampil di depan umum, ide kreatif, dan perangkat pendukung, seperti lighting serta kamera.

7. Editor Video

Editor Video
Ilustrasi Editor Video

Editor video merupakan bidang pekerjaan yang kerap dicari oleh konten kreator. Selain mengefektifkan waktu, konten kreator juga ingin hasil videonya bagus dan mampu menarik minat khalayak untuk menontonnya hingga akhir.

Seorang editor video harus menguasai beberapa aplikasi edit video, baik yang ada di HP ataupun PC.

Freelance editor video terbilang menguntungkan, apalagi jika sudah menjadi pekerja tetap di suatu agensi besar. Berdasarkan informasi yang beredar, tidak sedikit artis dan influencer ternama membuka lowongan kerja dengan posisi freelance editor video.

8. Penerjemah

Penerjemah
Ilustrasi Penerjemah

Menguasai beberapa bahasa asing? Pekerjaan sebagai penerjemah sangat disarankan untuk dipilih. Paling banyak, translator atau penerjemah yang dibutuhkan adalah Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Thailand, dan Bahasa China.

Selain itu, ada juga bidang penerjemah bahasa isyarat yang dibutuhkan. Belum banyak yang menguasai bahasa ini, sehingga cukup berpeluang besar jika dijadikan sebagai sebuah bisnis.

Pihak-pihak yang membutuhkan penerjemah juga tidak hanya datang dari kalangan biasa, melainkan juga agensi besar, perusahaan ternama, dan instansi pemerintahan.

9. Fotografer

Fotografer
Ilustrasi Fotografer

Peran fotografer dibutuhkan dalam berbagai hal, mulai dari acara besar hingga kecil. Sebagian besar masyarakat menyewa fotografer untuk mengabadikan momen-momen penting, seperti wisuda, pernikahan, buku tahunan sekolah, dan lain sebagainya.

Selain yang disebutkan, Anda juga dapat menawarkan jasa ke para wisatawan di tempat-tempat wisata ternama yang ada di lokasi terdekat dengan tempat tinggal.

Meski hasilnya terlihat receh, tetapi ketika dikumpulkan juga terbilang menguntungkan. Jika ingin mendapatkan penghasilan lebih tinggi, sebaiknya tawarkan jasa fotografer untuk berbagai kebutuhan.

10. Barista

Barista
Ilustrasi Barista

Kopi merupakan salah satu minuman yang hingga kini tetap menjadi kesukaan masyarakat dari berbagai kalangan. Untuk menyajikan kopi yang enak, diperlukan peran seorang barista berpengalaman.

Meski bisa diseduh dengan cara biasa, tetapi akan lebih nikmat kagi apabila diseduh dengan teknik khusus.

Tidak sembarangan, barista harus menguasai keahlian menyajikan kopi berbagai versi dan varian. Mereka juga perlu menghafal jenis-jenis biji kopi agar ketika pelanggan memesan kopi kesukaannya tidak sampai salah racik.

11. Desainer Grafis

Desain Grafis
Ilustrasi Desainer Grafis

Peran desainer grafis semakin dibutuhkan baik untuk layanan online maupun offline. Mulai dari pembuatan banner, undangan pernikahan, brosur selebaran, dan logo kemasan produk bisa ditangani oleh desain grafis.

Beberapa waktu terakhir, para desain grafis juga merambah pada dunia animasi. Gambar-gambar yang lucu dengan makna mendalam sangat disukai anak muda. Bahkan diketahui pemerintahan juga sering menggunakan jasa desainer grafis untuk beragam keperluan.

Bagi yang sedang mencari lowongan kerja part time, usahakan mengunjungi aplikasi atau situs terpercaya.

Pastikan jangan asal-asalan memilih lowongan pekerjaan, karena banyak sekali lowongan kerja bodong yang hanya ingin memanfaatkan identitas korbannya atau mengambil keuntungan dari biaya pendaftaran.