Kerja keras yang Anda lakukan berbuah indah ketika Anda mendapatkan pujian dari atasan atau promosi jabatan. Hal ini patut disyukuri dan hendaknya menjadi motivasi untuk terus bekerja keras dan meningkatkan kinerja Anda.

Pencapaian Anda tersebut tentu mengundang reaksi yang berbeda dari para rekan kerja Anda. Di antara mereka ada yang bergembira dan memberikan selamat atas pencapaian tersebut. Namun, tidak bisa dipungkiri kalau ada juga rekan kerja Anda yang iri disebabkan hal tersebut.

Adanya rekan kerja yang iri dengan pencapaian yang didapatkan bukanlah hal yang baru dalam dunia kerja. Hal seperti ini terjadi di mana saja di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, tidak perlu risau dan sedih dengan hal tersebut.

Inilah 9 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Iri

Di bawah ini akan disebutkan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi rekan kerja yang iri. Apa sajakah tips-tips tersebut? Yuk simak ulasannya.  

1. Introspeksi Diri Anda

Saat mendapati adanya rekan kerja yang iri kepada Anda, segera introspeksi diri Anda. Bisa saja Anda melakukan hal-hal kurang pantas yang mengakibatkan munculnya rasa iri tersebut. Salah satu contohnya adalah selalu membanggakan pencapaian Anda di hadapan rekan kerja.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa segera berbenah, sehingga rasa iri yang muncul dari sebagian rekan kerja Anda pun hilang.

2. Kenali Karakter Rekan Kerja Anda

Jangan langsung menghakimi negatif rekan kerja yang iri dengan pencapaian Anda. Terkadang rasa iri yang muncul bukan semata-mata karena prestasi yang Anda dapatkan, tetapi ketidakmampuan untuk menghilangkan rasa iri tersebut.

Bisa saja rekan Anda memiliki karakter yang tidak ingin disaingi oleh orang lain, sehingga muncul rasa tidak puas ketika disaingi oleh orang lain, padahal dia merasa sudah bekerja secara maksimal. Dalam kondisi yang seperti ini, terkadang rekan kerja Anda tidak mampu mengendalikan dirinya.

3. Jangan Mengejek Rekan Kerja yang Iri

Munculnya perasaan kesal di dalam hati ketika melihat adanya rekan kerja yang iri akibat pencapaian kerja Anda merupakan hal yang wajar. Tapi ingat, jangan sampai kekesalan ini Anda perlihatkan kepadanya, apalagi jika sampai menyebabkan Anda mengejeknya.

Daripada membalasnya, lebih baik bersabar dan menampakkan kalau Anda merupakan pribadi yang baik.

Bila perlu, bantu sebisa mungkin rekan kerja yang iri tersebut ketika dia mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan. Jika dia bertanya tentang rahasia kesuksesan Anda, jangan pelit untuk membagikannya.

Bisa saja dengan sikap seperti ini, rekan kerja yang iri tersebut menyadari kekeliruannya dan berhenti dari merasa iri. Jika pun tetap iri, setidaknya Anda sudah menghadapinya dengan cara yang baik.

4. Batasi Komunikasi Anda

Terkadang membatasi komunikasi dengan rekan kerja yang iri merupakan solusi yang terbaik. Hal ini dilakukan dalam rangka tidak memperbesar masalah yang terjadi. Dalam hal ini, Anda hanya perlu membatasi komunikasi sebatas pekerjaan saja.

Orang yang memiliki karakter suka iri dengan pencapaian orang lain biasanya sulit diajak komunikasi dengan baik. Bahkan, hal tersebut justru bisa menyebabkan konflik dan perselisihan. Tidak ada untungnya bagi Anda untuk berkonflik dengan orang yang karakternya seperti ini.

5. Tetap Tenang dan Tidak Mudah Terpancing

Seringkali rasa iri yang muncul menyebabkan rekan kerja tersebut ingin menjatuhkan Anda. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan menyebarkan cerita miring tentang diri Anda. Hendaknya Anda tetap tenang dan tidak terbawa emosi dalam menghadapi hal ini.

Jika rumor murahan yang disebarkan tentang Anda tidak benar, mengapa mesti marah. Hadapilah dengan santai karena pada kenyataannya apa yang dirumorkan tidak benar. Justru ketika Anda menanggapinya dengan rasa marah, rekan kerja Anda yang lainnya akan menganggap rumor itu benar.

6. Fokus Berteman dengan Rekan Kerja yang Menyukai Anda

Terkadang Anda sudah berbuat baik semaksimal mungkin kepada rekan kerja yang iri, tetapi tetap saja tidak bisa menyebabkan hilangnya rasa iri tersebut kepada Anda. Justru akibat rasa iri tersebut, terkadang rekan kerja yang bersangkutan melakukan hal-hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Jika kondisinya sudah sampai seperti ini, sebaiknya jaga jarak dari rekan kerja tersebut. Fokuslah bergaul dengan rekan kerja yang menyukai Anda, karena hal tersebut lebih bisa memberikan rasa nyaman selama berada di tempat kerja.

Rekan kerja yang menyukai Anda tentu akan selalu memberikan dukungan kepada Anda. Jika pun mengkritik, tetap saja kritikan yang diberikan bersifat membangun dan membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

7. Selalu Bersikap Rendah Hati

Setinggi apapun prestasi yang diperoleh di tempat kerja, jangan sampai hal tersebut menyebabkan Anda merasa sombong. Sebaiknya tetap bersikap rendah hati agar tidak semakin banyak rekan kerja yang merasa iri terhadap Anda.

Jangan selalu mengungkit-ungkit prestasi yang Anda dapatkan di hadapan rekan kerja Anda, karena hal tersebut justru bisa menyebabkan rasa iri dan muak dari diri mereka.

Justru sebaiknya Anda sering memberikan apresiasi terhadap kinerja rekan kerja Anda, agar mereka bisa lebih bersemangat dan lebih terpacu untuk meraih prestasi.

8. Ajak Rekan Kerja Anda Berbicara Face to Face

Jika rasa iri rekan kerja Anda sudah sampai tingkatan yang parah dan menyebabkan perasaan tidak nyaman ketika bekerja, sebaiknya Anda mendatangi rekan kerja tersebut dan mengajaknya berbicara face to face.

Dengan cara seperti ini, mungkin rekan kerja yang iri tersebut bisa lebih terbuka, sehingga Anda bisa mendapatkan solusi terbaik untuk menghilangkan rasa iri tersebut.

9. Jaga Profesionalitas

Rasa iri yang muncul dari rekan kerja Anda jangan menjadi kendala dan halangan untuk tetap menjaga profesionalisme Anda dalam bekerja. Justru sebaiknya Anda terus meningkatkan kualitas kerja dan semakin bekerja keras untuk meningkatkan prestasi Anda.

Bisa jadi rasa iri yang muncul dari sebagian rekan kerja Anda karena menganggap Anda tidak pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Dengan tetap menjaga profesionalisme, secara tidak langsung membuktikan kualitas diri Anda di hadapan rekan kerja tersebut. Munculnya rasa iri dari rekan kerja terhadap pencapaian Anda merupakan hal yang biasa terjadi. Jangan sampai dipengaruhi hal tersebut, sehingga kinerja dan profesionalisme Anda berkurang. Cobalah lakukan tips-tips yang disebutkan di atas untuk menghadapi rekan kerja yang iri tersebut.