Wawancara adalah salah satu tahapan dalam sebuah proses rekruitmen. Hasil tahapan wawancara tersebut biasanya sangat dinanti-natikan oleh setiap pelamar yang berhasil sampai ke tahap tersebut, sebab proses ini umumnya adalah tahapan terakhir.

Setiap tahapan dalam proses rekruitmen tentu punya rentang waktu masing-masing. Begitu pula setelah melalui tahap wawancara atau interview kerja, Anda biasanya akan diminta menunggu selama rentang waktu tertentu sebelum menerima hasilnya.

Sebagai pelamar yang antusias, Anda pasti cukup penasaran kapan atau berapa lama hasil interview user akan keluar dan Anda terima. Untuk itu, artikel berikut akan membahas rata-rata berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user.

Mengapa Harus Menunggu Waktu Panggilan Kerja?

Ilustrasi Menunggu Panggilan Kerja Setelah Interview User
Ilustrasi Menunggu Panggilan Kerja Setelah Interview User

Setelah melalui satu tahapan dalam rekruitmen kerja, biasanya akan ada waktu jeda yang diberikan sebelum pelamar memperoleh hasilnya.

Begitu pula jika berbicara mengenai tahapan interview user, pihak interviewer tidak akan langsung memberikan hasilnya begitu saja setelah proses tersebut selesai.

Anda akan diminta untuk menunggu selama rentang waktu tertentu. Waktu tersebut diberikan karena tentu saja pihak rekruiter memerlukan waktu untuk menganalisa apakah Anda telah memenuhi kriteria selama tahapan interview atau selama tahapan rekruitmen berlangsung sampai sejauh itu.

Berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user tentu saja bisa dipengaruhi bukan hanya oleh satu hal saja.

Setidaknya, ada beberapa alasan mengapa proses ini mengharuskan Anda menunggu bahkan terkadang lebih lama dari informasi awal. Berikut beberapa alasan tersebut:

1. Tahapan Interview Bukanlah Tahapan yang Mudah

Berbeda dengan jenis tes lainnya dalam sebuah proses rekruitmen kerja, tes wawancara atau interview kerja memiliki beberapa indikator-indikator yang tidak dapat dinilai begitu saja.

Meskipun pihak interviewer telah menetapkan standar tertentu saat akan mewawancara, namun hasilnya dapat berubah.

Perubahan hasil yang dimaksud dapat terjadi karena penilaian yang terjadi juga umumnya akan menggunakan pendapat subjektif pewawancara, sehingga hasil awal belum tentu bisa dianggap sebagai hasil yang kongkret.

2. Interview Umumnya Merupakan Tahapan Akhir Sebuah Rekruitmen

Meski telah disebutkan sebelumnya bahwa tahapan interview kerja umumnya bisa menjadi tahapan yang terakhir dari sekian tes yang telah dilakukan, namun posisi interview sebagai proses terakhir tersebut ternyata juga bisa memengaruhi berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user.

Pasalnya setelah tahapan terakhir, pihak rekruiter tentu membutuhkan waktu untuk mengakumulasi total hasil penilaian dari awal proses rekruitmen hingga akhir.

Oleh karena itu, cukup wajar jika waktu yang diberikan terasa cukup lama dibanding proses-proses sebelumnya.

3. Jumlah Pelamar Cukup Banyak

Bukan hal yang mengherankan jika semakin banyak peminatnya, waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil dari suatu tahap rekruitmen kerja juga akan lebih lama.

Pihak rekruiter tentunya akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih pula untuk menilai hasil rekruitmen banyak pelamar.

4. Respon Lama dari Petinggi Divisi

Pihak interviewer umumnya juga harus menunggu respon balik dari petinggi rekruiter terkait hasil wawancara dari calon pelamar yang telah selesai mereka interview.

Rekruiter tentu tidak hanya mengurusi satu hal ini saja. Banyak hal lain yang bisa menyebabkan respon balik tersebut sangat lama.

5. Posisi Anda Sedang Diincar Pihak Internal Lainnya

Meskipun hasil tes hingga hasil wawancara seorang pelamar tinggi, namun dalam dunia kerja semacam ini hasil tersebut bisa saja tak berarti apa-apa.

Salah satu contohnya apabila posisi yang sedang Anda lamar ternyata juga sedang diincar pihak lainnya atau karyawan internal.

Selain bisa mempengaruhi hasil interview Anda, hal tersebut tentu juga akan mempengaruhi berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user.

Pasalnya, pihak rekruiter pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk mempertimbangkan apakah akan memilih Anda atau karyawan lamanya.

6. Rekruiter Masih Memberikan Kesempatan Pelamar Lain

Pada kasus-kasus tertentu, lamanya waktu untuk memperoleh hasil interview juga dapat dipengaruhi oleh kuota pelamar yang telah selesai melakukan interview.

Terkadang, jika pihak rekruiter merasa belum puas dengan hasil interview yang ada, mereka masih akan membuka kesempatan baru untuk pelamar lain.

Hal ini tentu saja akan menyita waktu yang lebih lama lagi. Sebab persiapan untuk menerima pelamar lain dan persiapan tahapan interview akan membutuhkan waktu lagi. Akan tetapi, pada beberapa kasus perusahaan besar, hal ini cukup jarang terjadi.

7. Perusahaan Sedang Mengalami Masalah

Alasan lain mengapa waktu menunggu panggilan kerja setelah interview bisa berlangsung lebih lama dari ekspektasi awal adalah karena adanya masalah yang dihadapi perusahaan.

Masalah tersebut bisa berupa masalah berat maupun ringan. Jalan satu-satunya adalah menunggu hingga masalah telah selesai.

Batasan Waktu Menunggu Panggilan Setelah Interview User

Ilustrasi Menunggu Panggilan Kerja Setelah Interview User
Ilustrasi Menunggu Panggilan Kerja Setelah Interview User

Ada suatu hal yang juga kiranya perlu Anda ketahui. Interview user dan interview HRD umumnya bagi beberapa proses rekruitmen memiliki pengertian yang berbeda-beda.

Jika dalam suatu proses rekruitmen terdapat 2 jenis interview ini, maka Anda mesti mengetahui perbedaan keduanya.

Jika interview HRD adalah jenis interview untuk penyeleksian bagian personal atau kepribadian kandidat, maka interview user adalah interview yang lebih menekankan masalah teknis pekerjaan tersebut.

Berdasarkan waktunya, interview user memang umumnya memiliki tenggat waktu yang lebih lama dari interview HRD.

Namun bagaimanapun jenis tes atau interview-nya, menunggu bukanlah hal yang menyenangkan. Apalagi Anda tentu saja perlu memikirkan hal lain kedepannya apabila benar diterima atau tidak diterima oleh rekruiter.

Pada umumnya, batas waktu yang sering diberikan pihak rekruiter setelah melakukan interview atau wawancara kepada para kandidatnya adalah sekitar 2 minggu atau lebih.

Bahkan pada beberapa kasus oleh peeusahaan-perusahaan besar, mereka membutuhkan waktu 14 hingga 24 hari.

Semua itu pada dasarnya tergantung dari seberapa besar kandidat yang ikut pada seleksi tersebut. Semakin besar kandidat yang dievaluasi, semakin besar pula waktu seleksinya.

Bahkan perusahaan atau industri pemerintahan yang peminatnya pasti banyak bisa membutuhkan masa seleksi hingga 58 hari.

Meski terkesan agak lama, namun ada beberapa alasan yang cukup masuk akal mengapa waktu berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user bisa sampai berminggu-minggu. Berikut alasan-alasan tersebut:

  1. Perusahaan perlu menghindari hasil perekrutan yang kurang matang.
  2. Ada banyak kualifikasi yang dibuat perusahaan saat merekrut.
  3. Perusahaan melibatkan banyak pihak dalam proses penyeleksian.

Sebaiknya setelah melakukan interview, Anda sudah harus memastikan berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user tersebut. Jika umumnya kandidat diberi waktu sekitar 2 minggu setelah tes, maka Anda perlu menindaki batas waktu tersebut jika terjadi keterlambatan informasi.

Anda dapat melakukan beberapa cara apabila batas waktu yang telah ditentukan telah berlalu.

Anda bisa menghubungi pihak HRD atau admin perusahaan rekruiter untuk menanyakan kendala yang terjadi. Jalan terakhirnya, Anda harus sabar dan tetap berpikir optimis jika pemanggilan belum kunjung datang.