Bagi yang masih sekolah, kuliah, atau sedang proses mencari kerja, pastikan mengetahui apa saja skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Mengapa perlu mengetahui hal itu? Jawabannya agar skill dan jurusan yang dipilih lebih terarah.

Apalagi saat ini mencari pekerjaan dengan gaji tinggi cukup sulit. Persaingan juga semakin ketat, bahkan masih banyak orang yang meskipun berpendidikan tinggi tetapi masih kebingungan mencari pekerjaan layak.

Mengenal Apa yang Dimaksud Skill dan Jenis-Jenisnya

pengembangan skill
Pengembangan Strategi Dalam Dunia Kerja

Mungkin beberapa dari Anda masih tabu dengan istilah skill. Sebagai informasi, skill adalah kemampuan seseorang untuk melakukan suatu hal. Sedangkan dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah tersebut mengarah kepada kemampuan, keterampilan, atau keahlian.

Secara umum, skill terbagi menjadi dua yaitu soft skill dan hard skill. Soft skill cenderung bersifat subjektif dan sulit dinilai, tetapi keberadaannya juga sangat penting. Sedangkan hard skill merupakan kemampuan dalam melakukan pekerjaan.

Sederhananya, hard skill bisa disebut sebagai kemampuan teknis. Di dunia kerja, baik soft skill maupun hard skill sama-sama dibutuhkan karena keduanya saling berkaitan erat.

Ini Dia Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

skill
Banyak Sekali Jenis Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Setiap bidang kerja membutuhkan seseorang yang memiliki skill khusus baik perkantoran, kedokteran, maupun bidang lainnya. Untuk mengetahui lebih spesifik apa saja skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, simak pembahasan berikut:

1. Coding

Skill coding merupakan kemampuan membaca dan menggunakan bahasa pemrograman untuk memerintahkan sistem komputer menjalankan suatu program tertentu. Di era kemajuan teknologi, kemampuan coding sangat dibutuhkan untuk membuat aplikasi, mengelola website, dan lain sebagainya.

Orang yang pintar coding sangat berpeluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Berikut beberapa pekerjaan yang membutuhkan skill coding:

  • Mobile App Developer
  • Scientist Game Developer
  • Web Developer Game

2. Membuat Keputusan

Salah dalam mengambil keputusan dapat membuat seseorang menanggung kerugian besar. Untuk itu, skill membuat keputusan menjadi salah satu soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Ada beberapa profesi yang membutuhkan skill membuat keputusan guna meminimalisir dampak buruk pada individu, organisasi, maupun bisnis. Berikut daftar profesinya :

  • Bidang kesehatan Farmakologi
  • Kepala Sekolah
  •  Chief Executive
  • Hakim Pengacara

3. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Banyak sekali perusahaan dan bisnis yang membutuhkan orang-orang dengan skill mampu berkomunikasi dengan baik. Terlebih di era serba online ini, sebuah bisnis bisa maju atau mundur berbekal skill komunikasi.

Skill komunikasi yang dimaksud bisa secara langsung maupun berupa tulisan. Berikut beberapa contoh skill yang membutuhkan kemampuan tersebut :

  • Reporter
  • Event organizer
  • Business analyst
  • Copywriter
  • Content writer
  • Advertiser
  • Sales
  • Customer service

4. Fleksibel Kognitif

Berpendirian memang penting, tetapi dalam dunia kerja, kemampuan fleksibel kognitif sangat diperlukan supaya lebih mudah beradaptasi dengan situasi atau hal-hal baru yang belum pernah dialami sebelumnya.

Meski merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh manusia, akan tetapi fleksibilitas kognitif membutuhkan otak dan proses mental. Orang dengan skill ini lebih mudah bertahan dalam kondisi sulit dan memiliki ide-ide brilian untuk keluar dari permasalahan.

5. Kecerdasan Emosional

Maksud dari kecerdasan emosional yaitu kemampuan seseorang untuk mengenali, mengelola, memotivasi, dan empati diri sendiri. Berbekal skill tersebut, manusia semakin mudah dalam membina hubungan kerja sama dengan orang lain.

Hampir semua jenis pekerjaan membutuhkan orang dengan skill kecerdasan emosional. Misalnya saja manajemen, human resources, serta posisi yang melibatkan peran kepemimpinan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kecerdasan emosional adalah kunci kepemimpinan berkualitas. Jadi, dalam pengambilan keputusan tidak didasarkan pada hubungan, status, atau hal lain.

6. Cloud Computing

Membahas terkait cloud computing, istilah tersebut mengarah pada proses pengiriman layanan komputasi, seperti server, database, penyimpanan (storage), software, jaringan, intelligence, dan analitik.

Seluruhnya disampaikan melalui internet (cloud) yang berfungsi menawarkan inovasi lebih cepat, ekonomis, dan tentunya fleksibel.

Kebanyakan bisnis kekinian menggunakan layanan cloud untuk menekan biaya operasi sehingga bisnis yang dijalankan semakin efektif dan efisien. Secara umum, berikut bidang yang membutuhkan cloud computing:

  • Cloud consultant
  • Cloud engineer
  • Data scientist
  • Cloud architect

7. Analisis Data

Mampu menganalisa data dengan baik menjadi hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Bahkan disebutkan bahwa skill paling dibutuhkan pada tahun 2023 ini, masih akan terus dibutuhkan pada tahun-tahun mendatang.

Sesuai namanya, orang yang bekerja untuk menganalisa data atau lebih dikenal dengan data analis mengemban tugas mengumpulkan dan menerjemahkan data guna memenuhi berbagai keperluan, mulai dari melakukan perencanaan hingga memecahkan masalah.

Data analis dibutuhkan untuk beberapa bidang pekerjaan, termasuk dalam sektor bisnis, pemerintah, hingga akademisi.

8. Digital Marketing

Satu lagi skill yang sangat dibutuhkan di tahun 2023 adalah digital marketing. Supaya jago dalam digital marketing, Anda juga perlu menguasai skill lain mulai dari manajemen project, sosial media, analisis data, copywriting, dan pengetahuan mengenai pelanggan dan Search Engine Optimisation (SEO).

Pesatnya perkembangan teknologi memang sangat berpengaruh pada bidang skill paling dibutuhkan saat ini. Oleh karenanya, penting untuk menguasai tool dan aplikasi yang mendukung kegiatan digital marketing.

Berminat belajar digital marketing? Berikut daftar pekerjaan dengan gaji menjanjikan berikut bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam digital marketing :

  • Product marketing manager
  • Digital marketing specialist
  •  SEO manager Bidang marketing
  • Social media strategist

Tips Meningkatkan Skill

meningkatkan skill
Banyak Cara Efektif Meningkatkan Skill yang Bisa Dilakukan

Tingginya tingkat pengangguran di Indonesia cukup meresahkan, apalagi jika yang menganggur seorang ahli dalam bidang teknologi dan pemrograman. Hasilnya, penipuan online menjadi marak seperti sekarang.

Sebagai usaha menurunkan tingkat pengangguran, ada baiknya untuk mempelajari skill yang dibutuhkan saat ini. Lantas bagaimana caranya? Berikut pembahasannya?

1. Buat Rencana

Hidup tanpa rencana akan membuat seseorang kehilangan arah. Saat akan mempelajari skill tertentu, buat rencana terlebih dahulu. Pertama-tama, tentukan skill apa yang ingin dipelajari, lalu tetapkan metodenya, dan bagaimana cara mempelajarinya.

2. Fokus Pada Proses Belajar, Bukan Hasil

Hal paling memengaruhi mood seseorang dalam mempelajari skill baru adalah target hasilnya tidak terpenuhi. Sebaiknya, jangan menitikberatkan pada hasilnya saja, tetapi fokus mempelajari skillnya dengan sungguh-sungguh.

3. Berani Mengeluarkan Dana

Mempelajari skill khusus tentu saja membutuhkan guru atau sumber terpercaya untuk mempermudah sekaligus mengefektifkan prosesnya. Dalam hal ini, Anda membutuhkan dukungan dana. Jika memang tidak memiliki dana mencukupi, manfaatkan informasi dari YouTube, website, buku, dan beberapa aplikasi.

4. Ikuti Kelompok Belajar

Umumnya mempelajari sendiri suatu hal yang baru bisa membuat orang merasa tertekan dan kehilangan semangat. Cara jitu untuk mengatasinya adalah dengan mengikuti kelompok belajar. Selain itu, bisa juga bergabung pada grup sesuai dengan skill yang sedang dipelajari.

Dari beberapa skill yang dibutuhkan di dunia kerjapada ulasan di atas, mana yang paling menarik menurut Anda? Jika ingin mempelajari suatu skill, usahakan terlebih dahulu melihat passion. Jangan sampai terlalu memaksakan diri untuk menguasai banyak skill sekaligus.